Selasa, 16 Juli 2013

Proses Pengukuhan LKIM-PENA


Pengukuhan DIKLAT ILMIAH VII LKIM-PENA Jum’at 04 juli 2013. Pengukuhan yang diselenggarakan selama dua hari di Tanjung Bayang dari tanggal 04-05 juli 2013. Ini merupakan pelaksanaan pengukuhan yang paling meriah melampaui jumlah pengukuhan yang diselenggarakan sebelumnya, baik dari segi kehadiran maupun peserta DIKLAT yang akan di kukuhkan. 


Dari hasil seleksi yang di laksanakan selama kurung waktu enam bulan dengan beberapa tahap didalamnya ddiantaranya : tahap pertama pelaksanaan indoor, tahap ke-dua pelaksanaan Outdoor, tahap ke-tiga pembuatan karya tulis ilmiah, tahap ke-empat proses magang, serta prosesi pengukuhan merupakan tahapan terakhir yang akan menjadi legalitas yang sah bergabung dalam lembaga kreativitas ilmiah mahasiswapenelitian dan penalaran (LKIM-PENA).

Dalam pelaksanaan prosesi pengukuhan saat ini berbeda dengan beberapa pengukuhan yang dilakukan sebelumnya. Bukan dari segi tempat tetapi dari segi peserta yang ikut untuk di kukuhkan. Peserta yang ikut dalam pengukuhan kali ini terdiri dari 47 peserta. 10 laki-laki dan 37 perempuan. Tidak ada kesetaraan jender karena tidak ada keseimbangan jumlah. Selain itu yang sangat berbedaa saat ini karena panitia DIKLAT kali ini kurang lebih sekitar 30-40 orang seringga proses pengukuhan kali ini lebih meriah dibanding dengan pengukuhan beberapa DIKLAT yang lalu.

Sebuah peringkat yang cukup membanggakan karena adik-adik junior mampu meningkatkan kuantitas peserta dengan kemampuan yang tidak diragukan lagi. Proses pengukuhan yang dilaksanakan di Tanjung Bayang memiliki beberapa tahapan tersendiri diantaranya : yang pemberian refleksi di Aula dengan memberikan arahan kepada adik-adik peserta yang akan di kukuhkan, yang kedua perjalanan malam yang dengan menguji mental dan kemampuan serap yang dimiliki selama mengikuti penerimaan anggota baru tetapi khusus untuk menal tidak ada sentuhan fisik, tahap terakhir adalah pengukuhan dennngan mengambil janji dan sumpah peserta untuk menjunjung nama baik lembaga, berkarya, serta lebih meningkatkan kepercayaan kepada sang khalik.

Kehadiraan saya di tempat ini sebagai Dewan senior yang senantiasa memberikan arahan dan wejangan kepada adik-adik yang baru agar senantiasa menjaga nama baik lembaga serta dapat berkarya untuk kejayaan lembaga kedepan. Sebelum dilantik pun adik-adik panitia memberikan kepercayaan kepada saya untuk memberikan wejangan-wejangan kepada mereka. Inilah proses pengukuhan yang ada di LKIM-PENA sebagai lembaga penulisan yang senantiasa berprinsip dalam pemikiran yang Ilmiah.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar