Selasa, 18 Juni 2013

Orang Bodoh

Anggapan orang bahwa hanya orang-orang pintar yang mampu membuat segala sesuatu hal yang baik bahkan anggapan ini sudah merasuki sebagian pemikiran masyarakat pada umumnya, jika dilihat dari sisi lain orang orang yang bodoh pun juga mampu berbuat sesuatu yang lebih dari orang pintar. Berawal dari ketersinggungan orang yang bodoh semakin tersingkirkan dari orang-orang yang merasa dirinya pintar membuat orang yang bodoh semakin terpuruk dan putus asa hanya sebagian saja orang bodoh yang mampu bangkit dari keterpurukan dan keputusasaan akibat diskriminasi orang-orang yang merasa dirinya paling bisa, cerdas dan mampu segalanya,padahal tidak ada manusia yang hidup tanpa bantuan orang lain

Dalam pedoman Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist, tidak ada perbedaan apapun kecuali amal yang mereka miliki, lantas kita sebagai manusia malah membedakan orang melalui materi(kaya dan miskin), intelektual(pintar dan bodoh), dan spiritual(beriman dan kafir). Ada sebuah kisah pada zaman Nabi Muhammad SAW, ada sahabat yang paling bodoh menurut sekelompok orang, sahabat ini merasa dirinya manusia semakin tidak berguna. akhirnya dia pun pergi untuk mencari jati dirinya yang sebenarnya, sampailah ia di depan mulut gua dan dia pun masuk didalamnya, di dalam gua sahabat nabi melihat tetesan air kecil yang jatuh diatas permukaan batu, lama kelamaan beliau amati batu tersebut hancur akibat tetesan air. Dari situlah beliau berkesimpulan bahwa di dunia ini tidak ada yang bodoh dan pintar akan tetapi usaha yang membedakanya, semakin orang berusaha untuk mencari ilmu maka mereka akan semakin tinggi kadar ilmunya ketimbang orang yang malas mencari ilmu.

Orang bodoh vs orang pintar tentu saja orang bodoh yang kalah, tapi sadarkah kita bahwa orang-orang yang bodoh mempekerjakan orang-orang pintar misalnya dalam perusahaan. Seorang bos yang tidak tahu tentang ilmu Manajemen mempekerjakan orang yang pintar akan ilmu tersebut. Disinilah kita mengambil perbandingan bahwa tidak selamanya orang yang pintar bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi umat dan begitu juga sebaliknya tidak selamanya orang bodoh tidak dapat melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat.

Orang bodoh dapat melakukan sesuatu yang orang pintar tidak bisa lakukan, salah satu contonya yaitu penemuan dinamo Michael Farady. Dia seorang yang di anggap bodoh dan tidak pernah sekolah akan tetapi berkat usaha dan semagatnya yang tidak pernah mengenal putus asa dia menemukan dinamo yang bisa kita gunakan hingga sampai sekarang ini.

Jadi, meskipun sebagian teman anda mengatakan atau beranggapan bahwa kamu itu orang yang bodoh tapi kenyataanya tidak, anggaplah anggapan temanmu itu sebagai motivasi untuk memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan langkah awal haruslah berusaha dan buatlah sesuatu yang dia tidak bisa lakukan,sehingga dia bisa mengakui keberadaanmu................!!!!

Dalam diri kita telah di bekali masing-masing keahlian hanya diri  kita yang kurang bisa mengaplikasikanya hingga kita dianggap orang bodoh, dalam kekurangan itu kita bisa tutupi dengan do’a belajar dan belajar terus karena dari usia bayi hingga usia lanjut kita tetap berusaha melakukan yang terbaik. Menurut seorang ahli dari Jerman mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik jadi kesimpulannya meskipun kita selalu salah di hadapan orang orang teruslah saja berusaha dan pelajarilah sesuatu yang benar dan tidak bertentangan dengan hati nurani.

Kiat-kiat orang bodoh menjadi sukses, karena kemauan yang tinggi dan semangat yang cemerlang:
Sebagai orang bodoh haruslah merasa dirinya paling kurang di banding dengan orang yang pintar dan dibalik kekurangan itu sebagai orang bodoh haruslah berusaha mencarikan solusi agar tidak punya kekurangan, seperti bila kita bodoh dalam pelajaran tutupilah kebodohan itu dengan retorika berbicara yang baik dan santun.

Sebagai orang bodoh setidaknya menghargai waktu dan konsisten dalam ucapan maupun dalam perbuatan agar kiranya terlihat berwibawah di mata masyarakat, kemudian berprinsiplah dimana prinsip tersebut akan membawa kejalan kesuksesan. Selanjutnya janganlah malu apabila engkau melakukan sesuatu yang baik seperti rajin bertanya terhadap  segala sesuatu yang tidak kau ketahui. Dan yan terakhir tanamkanlah dibenak anda bahwa kebodohan adalah sebuah penyakit,dimana penyakit ini dapat menular dan menyebar luas di masyarakat apabila tidak di obati dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.
***

1 komentar:

  1. sangat sepakat!

    saya sudah baca tulisnnya tapi dicopy ke ms.word dulu karena tulisannya putih n sulit dibaca

    BalasHapus