Sabtu, 08 Juni 2013

Perkebunan Strawberry dan Apel Bantaeng



Kunjungan ke beberapa keluarga di bantaeng memberikan kesan dan pengalaman yang lebih. Tadinya hanya bermaksud berkunjung untuk silaturahmi  sekaligus menghadiri acara pernikahan sepupu yang ada di bantaeng tepatnya di Desa Loka. Desa Loka berada di daerah pegunungan yang cukup dari kota Kabupaten Bantaeng. Penduduk di sekitar daerah ini memiliki profesi pekebun dengan menanam sayur-sayuran seperti kol, wortel, sawi, bawang, kentang dan masih banyak lagi koleksi tanaman sayur- sayuran yang ada didaerah ini. Terakhir berkunjung ketempat ini ketika masih duduk dibangku sekolah Menengah Pertama (SMP) dan baru kali ini kembali berkunjung untuk bertemu dan bersua dengan keluarga.

 
Setelah beberapa tahun tak berkunjung ternyata ada banyak perubahan yang terjadi, termasuk pola hidup dan pola pikir masyarakat. Salah satu perubahan yang paling mendasar yakni daerah ini sudah terjangkau jaringan listrik dan di rumah-rumah penduduk pun sudah menggunakan kamar mandi. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu yang mana tempat mandi berada ditengah ladang sayur. Sering disebut dengan salu’. salu’ adalah bahasa konjo yang berarti saluran air dalam bahasa Indonesia. Salu’ merupakan tempat mandi utama yang ada didaerah ini, dipagi hari kita dapat melihat dan menyaksikan masyarakat berbondong – bondong untuk berkunjung ketempat ini.

Akan tetapi berbeda dengan keadaan saat ini yang tidak menggunakan tempat ini untuk mandi akan tetapi hampir di setiap rumah sudah menggunakan kamar mandi. Ini adalah sah satu contoh perkembangan zaman dan tuntutan tekhnologi yang merubah wajah hidup masyarakat kearah yang lebih praktis. 

Kunjungan bersama dengan beberapa keluarga saat ini sangat berkesan karena selain bertemu dan bersua dengan mereka. Mereka pun mengajak kami untuk berkunjung ke perkebunan Strawberry dan apel yang ada dipuncak gunung. Jalan yang berkelok dan berliku mewarnai perjalanan kami untuk berkunjung ketempat tersebut. Dan sesekali di selingi dengan dokumentasi terhadap keindahan alam pengunungan Bantaeng. 

Adapun jika berkunjung dan masuk dalam kawasan perkebunan strawberry untuk berfoto sambil memegang strawberry dan apel harus menyipakan uang sebesar Rp.5.000, dan harga buah strawberry sebesar Rp. 1.000,- . selain dapat menyaksikan tanaman strawberry dan apel dikawasan ini. kita juga dapat melihatpemandangan alam yang sangat eksotik karena berada dipuncak gunung. Selain dapat melihat dan berfoto di kawasan perkebunan strawberry dan apel yang lebih asyik lagi karena petani disekitar kawasan sangat antusias dengan kedatangan pengunjung sehingga mereka memperbolehkan kami untuk ikut memanen bawang bersama dengan mereka.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar