Rabu, 17 Juli 2013

Aktivitas Hari ini 17 Juli 2013



Rabu, 17 Juli 2013. Aktivitas hari ini tidak ada yang begitu penting, hanya ada beberapa aktivitas yang saya lakukan hari ini. Sholat subuh pukul 05.00 subuh kemudian dilanjutkan dengan tidur karena rasa ngantuk yang begitu tinggi. Bangun sekitar pukul 07.30. setelah bangun lanjut dengan menanam tanaman kangkung disamping kos dekat pakar, luas lahan mungkin sekitar 100 x 50 cm. tujuannya menanam bukan dari segi hasil tetapi lebih cendrung senang dengan tanam-tanam sambil mengamati pertumbuhan tiap pagi. Setelah itu membaca Al-Qur’an sekitar 4 lembar. lanjut menulis sedikit tentang aktivitas yang saya alami hari kemarin. Kemudian lanjut ke warnet untuk posting tulisan di blog dan mencari referensi tentang dunia tulis menulis dan berita terhangat yang menjadi topic saat ini. 

Sekitar kurang lebih dua jam menghabiskan waktu duduk depan komputer. Selanjutnya balik ke kost untuk mandi dan sholat zuhur. Setelah sholat zuhur lanjut membaca ayat Al-Qur’an hingga empat halaman, dan selajutnya tidur siang sampai pukul 03.00, namun sebelum tidur nonton TV dengan channel MetroTV. Siaran kali ini cukup menarik karena mengulas tentang budaya dan adat kebudayaan Ammatoa yang ada di kajang dalam, kabupaten Bulukumba sekaligus sebagai pengantar tidur. 

Setelah bangun lanjut dengan sholat Ashar dan membaca ayat Al-Qur’an sekitar tiga halaman, cuci motor. Dan lanjut membaca ayat Al-Qur’an sekitar 2 halaman. setelah itu kemudian duduk depan kos sambil melihat orang-orang yang lalu lalang depan kos sambil menunggu beduk berbunyi. Sekitar pukul 17.30 sepupu datang dan mengajak untuk berbuka puasa bersama di kosnya. Saya pun berangkat bersama teman ke tempat sepupu. Tak lama kemudian beduk berbunyi tanda waktu berbuka puasa sudah masuk. Setelah sholat magrib saya kembali ke kos dan selanjutnya ke mesjid untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Namun bukan hanya sekedar sholat tetapi ikut mendengarkan ceramah dari ustast dimana isi ceramahnya mengulas tentang berbakti kepada kedua orang tu.

Poin pertama yang dapat saya tangkap dari ceramah malam ini
“ ada sebuah kisah seorang anak sudah bertahun-tahun merawat ibunya yang zakit, dia merawat ibunya dengan baik, bahkan kerjaannya hancur karena lebih memilih merawat ibunya daripada mengurus pekerjaannya, dia benar-benar memperlakukan ibunya dengan sangat hati-hati, pada suatu ketika seorang anak ini meninggal dan Allah memerintahkan malaikatnya untuk memasukkan anak muda ini kedalam neraka” hai malaikat masukkan anak itu kedalam neraka ? jawab malaikat “ kenapa yha Allah bukankah anak ini bertahun-tahun usdah merawat ibunya sampai-sampai dia mengabaikan kerjaan dan reputasinya hanya karena menghabiskan waktu untuk merawat ibunya? , Allah “ sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui, Malaikat “ kalau begitu beritahu saya ya Allah apakah penyebab anak itu masuk kedalam neraka ? Allah “ wahai malaikat-Ku engkau harus tahu bahwa anak itu memang benar merawat ibunya sampai bertahun-tahun lamanya akan tetapi salah satu kesalahan yang besar yang mengantarakan dia masuk kedalam neraka karena sewaktu dia merawat ibunya, dia pernah berkata : “ kapan semua ini berakhir”. Kata ini yang menyebabkan dia masuk kedalam neraka “. Dia tidak pernah berpikir bahwa apa yang dia lakukan belum mampu membalas pengorbanan ibunya selama ini.

Poin ke dua : tidak sedikit anak yang kaya menterlantarkan ibunya.
Poin ke tiga : seorang anak yang dalam waktu 3 hari secara berturut-turut tidak mendoakan kedua orang tuanya maka dianggap dosa besar
Poin ke empat : berhaji sampai tiga kali namun bertahun-tahun tidak menjenguk ibunya sama halnya tidak ada artinya karena menurut hadist yang di sampaikan oleh ustadst bahwa menjenguk orang tua sama halnya dengan berhaji.

Makna yang dapat di petik dari ceramah ustadst mala mini adalah berbakti kepada orang tua itu sanagt penting karena orang tua adalah surge bagi anaknya. Tidak ada gunanya amalan-amalan yang di perbuat selama ini ketika durhaka kepada kedua orang tua. Sebagai orang tua tidak pernah mengharpakan apa pun dari anaknya kecuali perhatian.
Sepulang dari sholat tarawih kembali membaca ayat Al-Qur’an sebanyak 2 halaman. setelah itu menulis sedikit tentang aktivitas hari ini kemudian istrahat.

Inilah beberapa aktivitas yang saya alami hari ini. tak ada yang berkesan hanya saja hari ini persentase bacaan ayat Al-Qur’an sedikit meningkat. Berharap bisa khatam al-Qur’an sebelum takbir idul fitri berkumandan.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar