Sabtu, 20 Juli 2013

Workshop Citizen Journalsm


Sabtu, 20 Juli 2013. The Gowa Center (TGC) kembali mengadakan kegiatan Citizen Jurnalism di Rumah Hijau Denassa (RHD) kelurahan Tamalayang,Kecamatan Bontonompo, Kab.Gowa. Program ini merupakan tindak lanjut dari program kerjasama Access phase II dengan The Gowa Center (TGC). Kerjasama kali ini berbeda dengan kerjasama yang dilaksanakan sebulumnya yakni Pendidikan prtisiptif menuju pendidikan berkualitas di Kabuaten Gowa, berbeda dengan kerjasama kali ini yang lebih cendrung kepada publikasi daneningkatan sumber daya mita access melalui pelatihan dan publikasi melalui website dan pembuatan buku. Kerjasama ini bernama “Desiminasi praktek baik program Access tahap II melalui Website”.   


Kegiatan ini merupakan tahap pertama dalam pelaksanaan program kerjasama Access tahap II yang akan memberikan pemahaman dan pengalaman tentang tatacara menulis dan mempublikasikan tulisan lewat media cetak dan online. Antusias peserta yng hadir dalam kegiatan ini cukup tinggi terlihat dari jumlah peserta yang cukup banyak berkisar kurang lebih 40 orang melampaui batas peserta yang di prediksi sekitar 20 orang. Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini yakni beberapa mitra Access, beberapa komunitas, dan remaja mesjid yang berasal dari satu kota dan empat kabupaten yakni : Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bulukumba. serta beberapa tokoh masyarakat baik yang berasal dari komite sekolah maupun tokoh masyarakat setempat.

Dalam kegiatan ini dibagi dalam tiga tahapan. Tahapan pertama, sambutan sekaligus cerita singkat pengalaman Dermawan Denassa selaku ketua TGC, Tahap kedua, pemaparan materi journalism oleh Jumadi Mapanganro selaku Redaktur Tribun Timur, tahap ketiga, pelatihan pembuatan rilis berita oleh peserta, tahap terakhir yakni buka puasa bersama.

Menurut Jumadi Mappanganro “ yang terpenting dalam penulisan Citizen Journalism adalah termuatnya unsure 5W+1H”. kegiatan ini sangat menarik perhatian warga terlihat dair antusias warga dalam mengikuti tia tahapan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut
***
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar