Sabtu, 27 Juli 2013

Monitorong Evaluasi dan Learning (MEL)




T
he Gowa Center (TGC) mengadakan Lokakarya Akhir Program  untuk membahas pelaksanaan Program Pendidikan Partisipatif, khususnya data yang telah kami kumpulkan melalui quesioner dalam  pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, and Learning (MEL) pada Ahad, 18 November 2012. 

Sekitar pukul 10.00 di Rumah Hijau Denassa (RHD). para undangan yang terdiri dari kepala sekolah, ketua komite, tokoh masyarakat, serta kelompok warga yang bergabung dalam organisasi pemuda telah meramaikan rumah Hijau Denassa (RHD) meskipun suasana tempat pertemuan sementara dalam tahap persiapan oleh rekan-rekan TGC. 

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan mutu pendidikan dan sekaligus memperkenalkan kepada para undangan tentang Peta social pendidikan dimana peta tersebut dapat menggambarkan keadaan social, sebuah peta yang bertujuan untuk memberikan pesan kepada masyarakat tentang keadaan sosial suatu daerah namun yang diproritaskan dalam peta adalah gambaran keadaan sosial disekolah, sehingga dari peta tersebut dapat teridentifikasi antara siswa kaya dan miskin, selain itu dari peta dapat diketahui alamat dan letak rumah siswa sehingga seorang siswa dapat dikontrol dengan baik oleh sekolah. Seperti halnya peta yang telah dibuat sebagai percontohan di desa Salekowa. Dengan adanya peta sosial pendidikan yang telah dibuat oleh TGC di Dusun Salekowa dengan mengambil sampel sekolah setempat.

Hal yang paling menarik dari adanya peta sosial pendidikan karena peta ini dapat mengontrol pengelolaan dana sekolah. Seperti halnya siswa yang dapat BSM yang seharusnya hanya bisa diberikan kepada siswa miskin tetapi bukti dilapangan terkadang masih ada orang yang dianggap mampu pun dapat sehingga yang miskin kadang tidak dapat, kadang siswa yang dapat dana seperti ini hanya karena factor kedekatan atau keluarga pihak sekolah, Tapi dengan kehadiran peta sosial pendidikan,  pihak sekolah tidak dapat berlaku curang dalam pengelolaan dana tersebut.

Selain memperkenalkan peta sosial pendidikan dalam kegiatan ini para peserta pun digodok untuk menulis cerita seihngga dalam kegiatan ini dibagi dalam beberapa fase. Untuk fase pertama para peserta diberi materi tentang penjelasan tatacara dalam menulis sebuah cerita, setelah penjelasan dari pemateri dianggap jelas, para peserta dibagikan bolpoin dan kertas selanjutnya peserta diberi waktu sekitar 15 menit untuk menulis cerita yang diawali dengan menulis biodata peserta. Serentak suasana menjadi sunyi senyap tak ada kata yang tercipta sejenak para peserta disibukkan dengan menulis sebuah cerita.

Fase kedua peserta dianjurkan untuk mulai menulis inti dari cerita yang ditulis dengan demikian peserta dibebaskan menuliskan apa saja yang ada dibenaknya namun tetap diberi panduan yang dapat dituliskan diantaranya : strata ekonomi, permasalahan yang dihadapi oleh sekolah. Dan hal-hal lain yang dianggap perlu untuk dibenahi.

Fase terakhir adalah pembahasan tentang Monitoring Evaluasi Learning (MEL) dalam tahap ini dibahas terkait masalah evaluasi tentang program kerja The Gowa Center (TGC) diantanya : Pendidikan Partisipatif, Card Respond Center (CRC), sekolah Alam, dll. serta peranan kehadiran TGC dalam mendampingi beberapa mitra kerja. Dari hasil pertemuan yang dihadiri oleh beberapa mitra mengatakan bahwa kehadiran TGC sangat berperan penting dalam memberikan perubahan terhadap peningkatan pendidikan. 


* * *

1 komentar: