Selasa, 18 Juni 2013

Rapat Steering PIKIR 2013


Menghadiri rapat pelaksanaan PIKIR, Minggu, 16 Juni 2013 di Warkop Korner kompleks BPH. Sekitar pukul 16.00 sekretaris LembagaKreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) menelpon dan mengajak untuk ikut serta dalam rapat persiapan dan pemantapan event Pekan Ilmiah dan Kreativitas (PIKIR) yang akan berlangsung pada tanggal 19-22 Juni 2013 di Universitas Muhammadiyah Makassar. LKIM-PENA merupakan sebuah lembaga kampus yang termasuk dalam Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang penulisan, penalaran, dan penelitian. Lembaga ini didirikan pada tanggal 10 Desember 2005 oleh kakanda Mulyadi Mapparessa dan dibantu oleh beberapa rekannya.


Pelaksanaan PIKIR 2013 merupakan program kerja dari bidang pengembangan kreativitas yang sejatinya pelaksanaan PIKIR yang ketiga yang diselenggarakan tiap tahunnya. Pelaksanaan kali ini dibuat lebih besar serta muatan lombanya pun di tambah. Yang tadinya hanya setingkat SUL-SEL-BAR namun kali ini sampai tingkat Nasional. Adapun item lomba yang diselenggarakan terdiri dari : Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) tingkat nasional, Lomba krya Tulis Siswa (LKTS), Lomba Karya Tulis Guru (LKG), Pemilihan Bintang Pelajar, Lomba Essay, Lomba Kreativitas Siswa, serta Lomba Mading.

Selain rangkaian lomba tersebut masih banyak lagi kegiatan-kegiatan penunjang untuk mensukseskan dan memeriahkan kegiatan ini di antaranya : pelaksanaan pentas kreativitas, dengan memberikan peluang bagi peserta untuk memberikan hiburan dalam bentuk apapun sesuai dengan kreatifitasnya dalam menghibur peserta dan para tamu.

Adapun rangkaian jadwal kegiatan secara umum. untuk hari pertama, yakni hari rabu akan dilaksanakan penjemputan peserta dibandara dan terminal, registrasi, kemudian akan dilakukan technical meeting pada sore hari. Untuk hari ke dua, yakni kamis akan diselenggarakan Seminar Nasional, terbuka untuk umum, serta para peserta diwajibkan untuk ikut serta menjadi peserta dalam seminar tersebut. untuk hari ke tiga, yakni hari jum’at akan diselengarakan Kuliah Umum yang akan dihadiri oleh Bapak Anies Baswedan sebagai pemateri dalam kuliah tersebut. Dan ba’dah jum’at akan dilanjutkan dengan pelaksanaan beberapa kategori lomba.

Pelaksanaan PIKIR diharapkan dapat memberikan rangsangan serta motivasi kepada generasi agar dapat memunculkan ide-ide kreatif melalui karya tulis. Selaku steering komite dalam kegiatan ini dan sebagai senior LKIM-PENA mengucapkan selamat kepada adinda-adinda pengurus lembaga yang senantiasa berusaha dalam mewujudkan visi lembaga. Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, sukses….
***



1 komentar: