Sabtu, 08 Juni 2013

Pasar Cekkeng Menarik Perhatian Masyarakat Bulukumba



Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli. keberadaan pasar sangat penting dalam menunjang peningkatan ekonomi masyarakat dan sekaligus tempat pemenuhan kebutuhan. Keberadaan pasar dalam sebuah daerah sangat penting untuk mewujudkan keinginan masyarakat. Oleh sebab itu semakin banyak pasar maka tingkat pemenuhan kebutuhan dan konsumsi mayarakat akan semakin meningkat. Tidak hanya itu pasar juga merupakan penunjang peningkatan anggaran pendapatan daerah. Olehnya itu keberadaan pasar dalam lingkungan masyarakat sangat di butuhkan. 


Salah satu pasar unik yang terdapat di kota Bulukumba adalah pasar Cekkeng yang terletak di pesisir pantai. Pasar Cekkeng merupakan pasar tradisonal yang pada mulanya hanya dimukim oleh beberapa penjual dan pembeli namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini pasar cekkeng dijadikan sebagai pasar tradisional yang gemar dikunjungi oleh masyarakat. Nama dari pasar itu sendiri merupakan sebuah subtitusi tingkah laku penjual dan pembeli yang ada dipasar tersebut. 

Cekkeng adalah nama tingkah laku yang sering diperlihatkan oleh penjual dan pembeli yang ada ditempat ini. Cekkeng adalah bahasa bugis yang berarti orang yang duduk setengah berdiri menurut bahasa gaul. Jadi orang yang berkunjung  ke tempat ini tidak bisa duduk karena di samping kondisi pasar yang basah karena pesisir pantai, kawasan ini juga agak becek. Namun kondisi pasar Cekkeng sekarang sudah mengalami perubahan yang cukup memadai karena pada awalnya penjual tidak memiliki kios-kios, sekarang sudah terdapat beberapa kios yang berjejeraan meskipun masih banyak penjual yang tetap dalam kondisi seperti dulu.

PasarCekkeng beroperasi setiap hari pada waktu subuh sampai pukul 07.00 pagi, di pasar ini kita dapat menemukan berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Dan harga yang ditawarkan pun masih relative lebih murah dari pada pasar-pasar yang lebih modern. Harga yang ditawarkan relative lebih murah karena para pedagang menawarkan barang-barang yang dibeli langsung dari pihak produksi yang kemudian di tawarkan di pasar ini. Selain itu penjual yang berada dipasar ini berasal dari pihak produksi sendiri (petani yang langsung menawarkan hasil perkebunan).

Hal inilah yang menyebabkan pasar Cekkeng merupakan pasar tradisional yang sangat menarik perhatian masyarakat kota untuk berkunjung ketempat ini. Bahkan keberadaan pasar cekkeng telah menggeser daya tarik pasar sentral dari segi pengunjung.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar